Bekal Perjalanan dari Guru

Sahabats…
Sekedar mengingatkan, beberapa ayat untuk kita renungkan dan berusaha kita amalkan…

Taubat

“Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (TQS. 66:8)

Sang Guru senantiasa tidak bosan mengingatkan kita semua tentang wajib ‘ainnya taubat, kembali menuju hanya kepada-Nya semata.

Semua kehendak dan kemauan kita datangnya dari Allah SWT

“Al Qur’an itu tiada lain hanyalah peringatan bagi semesta alam, (yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus. Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam. (TQS. 81:27-29)

Beliau selalu menekankan kepada kita semua bahwa kemauan dan kehendak kita untuk bertaubat hanya bisa terjadi jika Allah kehendaki.

“Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barang siapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dia memasukkan siapa yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya (surga). Dan bagi orang-orang lalim disediakan-Nya azab yang pedih.”(TQS. 76:29-31)

Berjuang/Jihad

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.(TQS. 5:35)

Untuk itu kita sangat beliau ‘perintahkan’ agar selalu berjuang..dan berjuang..

Mengikhlaskan Ibadah

“Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri) mu di setiap salat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah) kamu akan kembali kepada-Nya)”.(TQS. 7:29)

Dalam perjuangan itu, tak lupa belalu selalu mengingatkan kita agar melakukannya dengan IKHLAS.

Segala sesuatu Allahciptakan dengan Qadar (ketetapan-Nya)

“Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut qadar(ukuran) /bi qadarin.”(TQS.54:49)

Demikian juga beliau senantiasa mengingatkan kita tentang ‘misi hidup’ yang harus kita temukan, setiap manusia memiliki tugas/misi hidup yang berbeda-beda, untuk apa kita diciptakan-Nya.

Berjanji setia kepada Allah

“Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barang siapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barang siapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.”(TQS. 48:10)

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”, (TQS. 7:172)
Beliau juga mengingatkan kita agar setia terhadap ‘janji kita’ pada Allah SWT.

Orang-orang yang Beruntung

“Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.”(TQS. 2:5)

Kepada siapa yang mengikuti petunjuk Allah, maka keselamatan Allah anugrahkan bagi mereka
“…Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk.”(TQS. 20:47)
[]

Sumber Gambar:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s